Kamis, 13 April 2017

Ketularan Hobi Mancing

Sunset Pantai Manakarra - Foto by : Fiktor Yan Pobatu
Hai...! Teman-teman.
Kali ini saya mau berbagi cerita tentang aktifitas mancing. Hampir setiap minggu, kami pergi memancing. Kalau bukan pagi, siang, malam bahkan subuh, tergantung dari waktu yang luang.
Sebenarnya saya tidak suka mancing. Jangankan memancing, cerita tentang seputar pancing saja saya malas. Yang punya hobi memancing itu, teman saya Fuad. Dia sangat suka memancing dan selalu mengajak saya ketika pergi mancing. Saya selalu malas ketika diajak, tapi kadang dia memaksa. akhirnya saya ikut, dalam pikiran saya minimal pergi jalan-jalan.
Ditempat pemancingan saya bahkan tidak membuang kail. Saat Fuad sedang sibuk memancing, saya mencari aktifitas lain. Biasanya saya akan mencari objek untuk di foto atau duduk disampingnya sambil cerita.

Spot Anjungan Pantai Manakarra - Mamuju
Karena sering ikut, saya mulai mencoba. Fuad mengajari saya cara mengikat mata pancing, memasang umpan bahkan cara membuang kail.
Saat pertama mencoba, saya tidak mendapat hasil apa-apa. Kata Fuad, mancing itu butuh kesabaran dan ketekunan. Akhirnya saya coba lagi, hasilnya mulai kelihatan. Meski dapatnya ikan kecil, tapi sebuah awal yang baik.
Fuad, lagi mencoba peruntungan
Getaran stik pancing karena sambaran ikan membuat saya penasaran untuk terus mencoba. Tanpa saya sadari, dari waktu-ke-waktu aktifitas mancing terus berlanjut. Kami bahkan pergi mencari tempat-tempat spot pemancingan yang bagus. Saya pun mulai mahir. Hasil yang didapatkan mulai memuaskan.
Saya mulai paham mengapa memancing itu seru. Keseruannya adalah tarikan ikan pada tali pancing saat kita telah lama sabar menunggu.
Mancing Malam Hari

Mancing Subuh
Semangat memancing tak kenal waktu. kami bahkan memancing dimalam hari, atau saat subuh. Walaupun terkadang pulang tanpa hasil, semangat untuk memancing tak perna luntur. Bagi kami ini persoalan tempat dan waktu yang tidak tepat.
Mengeksplor dan mencoba spot baru merupakan hal yang menarik dalam aktifitas memancing. Bahkan saat pergi ke daerah pelosok, kami malihat seubah sungai  yang bagus. Akhirnya kami memutuskan untuk mencoba memancing disana.
Saat itu kami tidak membawa peralatan pancing. Namun karena hasrat ingin memancing, kami membuat alat pancing seadahnya dari bambu.
Mancing di Sungai

Mancing Pakai Bambu

Rekor Terbaik Selama Mancing

Memancing bukan saja telah menjadi hobi bagi kami. bahkan memancing sudah menjadi aktifitas wajib.
Banyak suka-duka yang dialami selama memancing. Mulai dari hasil yang tidak ada, cuaca yang tidak mendukung, spot yang salah hingga mata pancing yang sering menyangkut.
Dari sekian banyaknya waktu yang dikorbankan, inilah rekor terbaik kami saat memancing.