Rabu, 26 April 2017

Pesona Tapalang Barat, Potensi Wisata yang Menjanjikan

Semakin masuk ke dalam, semakin membuat kita terpesona. Rasanya belum puas hanya mampir sebentar. Keindahan alam Tapalang Barat seolah tak ada habisnya. Sayangnya, kesini hanya sekedar lewat jadi tidak sempat mengeksplor lebih dalam tempat ini. Juga, waktu datang ke tempat ini,cuaca kurang mendukung, gerimis cenderung hujan membuat saya harus memotret beberapa momen dari dalam mobil.
Perjalanan ke Tapalang Barat sama sekali tidak terencana. Ceritanya saat pulang dari Tubo Sendana, iseng-iseng saya bertanya tentang Tapalang Barat ke teman saya, Fuad. Dia sempat menjeleskan, tapi karena rasa penasaran saya yang memang belum pernah kesana, terbesit ide untuk belok ke Tapalang Barat. 
Dari Kecamatan Tapalang (Tapalang Induk) ke Kecamatan Tapalang Barat, perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 20 menit. Jalannya aspal dan cukup bagus, walaupun beberapa ada yang bolong-bolong.
Walau bukan Fotografer, sampai di sana tak afdol rasanya kalau tidak mengabadikan momen dengan foto. Menerut saya, tempat ini sangat bagus dikembangkan menjadi tempat parawisata. 
Kalau opini saya yang tidak berguna, hehehe... ! Program yang tepat untuk membangun Tapalang Barat adalah pengembangan objek wisata. Jika dikelola serius dan maksimal, tidak menutup kemungkinan Tapalang Barat menjadi wisata primadona Kabupaten Mamuju yang dapat mengundang banyak touris lokal bahkan touris manca negara.
Masih banyak aspek yang perlu dibenahi di Tapalang Barat untuk menarik wisatawan. Terutama Sarana dan prasarana yang belum memadai. Kemudian faktor sanitasi yang memang membutuhkan kesadaran dan kearifan masyarakat lokalnya untuk menjaga lingkungan mereka.
Hadirnya objek wisata akan mengundang banyak wisatawan. Secara otomatis dapat mendongkrak ekonomi masyarakat setempat, karena banyaknya kesempatan peluang usaha yang bisa dilakukan oleh masyarakat setempat.
Sudah banyak orang yang datang ke Tapalang Barat dan kagum, tapi itu hanya sebatas karena beberapa keindahan alamnya yang masih murni. Bukan tidak mungkin, jika itu tidak dijaga dan dilestarikan, semuanya akan hilang.
Dibutuhkan perhatian dari semua pihak untuk mendorong Tapalang Barat kedepannya. Terutama dari masyarakat setempat, Pemerintah Desa setempat bahkan Pemkab dan Pemprov.


1 komentar:

Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog ini.
Silahkan tinggalkan komentar anda.